Daun bertaburan

Friday, 16 December 2011

planning/perencanaan


universitas gunadarma
tugas: #manajemen umum
nama: mochamad.alwy.kurniawan
npm:34111520
kelas: 1db04


perencanaan bisnis

Dengan pengangguran yang terus meningkat, harga rumah jatuh karena surplus persediaan, dan pinjaman usaha kecil di berhenti, resesi ini tampaknya tidak mungkin untuk segera berakhir. Pemulihan akan lambat dan Amerika tentu tidak akan menikmati kemakmuran beberapa tahun yang lalu untuk waktu yang lama untuk datang. Ini bukan hanya ekonom yang berpikir dengan cara ini. "Setengah dari populasi di [a] baru jajak pendapat ABC News berpikir baik keamanan pekerjaan dan prospek pensiun dalam tahun-tahun mendatang akan tetap buruk daripada pra-resesi mereka tingkat." ("Poll: Keamanan Pekerjaan Kurang 'New normal,'" ABC News Unit Polling, 15 Juni 2009, analisis oleh Gary Langer) ini kepercayaan, atau kekurangan itu, merupakan bagian integral dari siklus ekonomi. Analisis selanjutnya mengatakan, "Mereka harapan berkurang - ditambah rasa sakit dari penurunan saat ini -. Yang memicu PHK dalam perilaku konsumen yang fundamental bisa membentuk kembali ekonomi"

Pada dasarnya, konsumen hunkering turun untuk membatasi pengeluaran, menghemat uang, menghemat sumber daya, dan mengubah cara mereka telah hidup. Pengaruh besar pada kesehatan ekonomi adalah kondisi psikologis konsumen. Ketika ada suatu keyakinan yang luas bahwa pengeluaran melampaui kebutuhan adalah bijaksana, orang akan mengubah kebiasaan mereka dan sebagai hasilnya, beberapa bisnis akan harus menutup pintu mereka. Perekonomian molting menjadi binatang, yang baru lebih ramping. Daripada bereaksi dalam keputusasaan untuk menghindari kehancuran, perusahaan harus berinteraksi dengan situasi saat ini dengan tindakan pemikiran inovatif dan maju.

Tidak peduli kemerosotan ekonomi, meningkatkan keuntungan biasanya nomor satu tujuan dari bisnis apapun. Untuk memastikan profitabilitas, perusahaan harus menunjukkan keunggulan kompetitif atas orang lain dalam industri, baik oleh kepemimpinan biaya (produk yang sama sebagai pesaing, harga yang lebih rendah), diferensiasi (harga yang sama, pelayanan yang lebih baik), atau fokus pada segmen pasar eksklusif ( niche). Untuk pemeliharaan jangka panjang keunggulan kompetitif, perusahaan harus memastikan bahwa metode yang tidak dapat diduplikasi atau ditiru. Hal ini membutuhkan analisis yang konstan dan teratur penciptaan kembali strategi kompetitif.

Resesi adalah waktu yang optimal untuk menemukan kembali keunggulan kompetitif karena tekanan ekonomi lemah akan memisahkan bisnis yang kuat dari yang lemah, dengan lemah jatuh keluar dari permainan sepenuhnya. Bisnis Anda akan menjadi kuat jika Anda memiliki rencana tindakan berdasarkan sebuah penelitian industri kecil, analisis dari apa yang Anda miliki dan apa yang Anda inginkan, dan pemantauan terus menerus dari hasil rencana Anda. Ini jenis inovasi ini tidak hanya kebutuhan sekarang, tetapi merupakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam cara Anda melakukan bisnis.

Tiga tindakan dasar untuk menumbuhkan bisnis dalam iklim ekonomi adalah: meningkatkan efisiensi (mempertahankan output sekaligus mengurangi input, seperti waktu dan uang); meningkatkan volume (menghasilkan lebih banyak dalam rangka untuk menyebarkan biaya tetap); mereorganisasi bisnis (tujuan perubahan, metode dan / atau filsafat). Jika Anda berencana untuk mengimplementasikan salah satu dari ini, Anda mungkin juga berencana untuk menerapkan mereka semua. Dengan berfokus pada salah satu strategi di atas, Anda akan menemukan efek riak yang menyebabkan kebutuhan untuk mengatasi yang lain. Ini adalah hal yang baik.

Sebelum memulai sebuah bisnis, ada satu tahap  yang disebut dengan perencanaan bisnis, dan ini sangat luas dan bervariasi, tergantung dari skala ataupun jenis bisnis yang akan kita jalani.
Di sini tidak menguraikan ataupun membahas secara lengkap mengenai perencanaan bisnis (business plan) tersebut, di sini hanya menuliskan pengertian dasar daripada perencanaan bisnis dan sebagian hal yang perlu diperhatikan.
Perencanaan bisnis adalah pembahasan tertulis yang menguraikan hal-hal yang mendasari pertimbangan pendirian bisnis / usaha dan  yang berkaitan dengan pendirian bisnis tersebut, yang mempunyai tujuan dasar : kenapa bisnis ini dilakukan, bagaimana melakukannya, faktor-faktor apa yang menunjang bisnis ini berhasil, dll.
Jadi inti dari suatu perencanaan bisnis adalah penghubung antara ide dan kenyataan artinya bagaimana ide diwujudkan menjadi kenyataan dengan mengetahui faktor-faktor yang menjadi pemicu keberhasilan dan kegaagalan suatu bisnis.
Tentunya kalau ini dibahas satu-persatu akan sangat panjang, namun demikian berikut kami sampaikan hal-hal yang perlu di ingat :
  • Tuliskan perencanaan bisnis secara singkat, padat dan jelas.
  • Buat perencanaan bisnis yang mudah dipahami.
  • Berorientasi pada keadaan masa yang akan datang.
  • Jangan terlalu bermuluk-muluk
  • Tuliskan resiko-resiko yang mungkin dihadapi.
  • Tunjukkan bukti-bukti yang akurat dalam menyusun argumentasi dan perhitungan.
  • Tulisan harus fokus, jangan melenceng kemana-mana.
  • Identifikasikan dengan jelas pasar dan konsumen.  

sumber :
http://bisnisnusaha.blogspot.com/2011/10/perencanaan-bisnis.html
http://revolsirait.com/perencanaan-bisnis


No comments:

Post a Comment

Followers